Apa Itu Chess Boxing Olahraga Tinju Catur dan Seperti Apa Pertandingannya?

Chess Boxing

Catur merupakan permainan yang total berpikir strategi. Seiring slot777 saat catur pun berkembang dalam gabungan permainan otak dan otot. Olahraga ini dinamakan chess boxing atau tinju catur. Mengutip Chessboxing Nation, seperti namanya olahraga itu mencampurkan catur dan tinju menjadi terpadu. Para peserta berkompetisi dalam putaran catur dan tinju bergantian. Papan catur dibawa masuk dan terlihat berasal dari ring di pada putaran tinju.

Apa itu pertandingan tinju catur?

Permainan catur dimainkan dalam saat merasa berasal dari 3 menit hingga 12 menit. Ini bergantung lebih dari satu faktor, seperti pengalaman atau pertarungan itu untuk memperebutkan gelar. Pemain pemula bertanding dalam pertandingan yang lebih pendek bersama ronde catur 4×3 menit dan ronde tinju 3×2 menit. Sedangkan, pertandingan chess boxing senior penuh terdiri atas ronde catur 6×4 menit yang diselingi bersama ronde tinju 5×3 menit.

Mengutip Chess.com, pemain mampu menang bersama KO sepanjang bertanding tinju atau bersama sekakmat sepanjang ronde catur. Mereka terhitung mampu kalah gara-gara kehabisan saat atau berkelanjutan mengulur saat untuk bergerak saat bermain catur. Pemain terhitung mampu kalah, gara-gara melakukan lebih dari satu pelanggaran peraturan tinju.

Tinju catur bermula oleh seniman buku komik Prancis Enki Bilal. Kemudian, itu diadaptasi seniman Belanda Iepe Rubingh sebagai karya seni pertunjukan terhadap 1992. Chess boxing berkembang menjadi olahraga kompetitif bersama banyak chess boxer aktif di seluruh dunia. Olahraga ini terlampau tenar di Inggris, Jerman, India, Italia, Finlandia, dan Rusia.

Gianluca Sirci, berasal dari Italia saat melawan Nikolay Sazhin asal Rusai terhadap pertandingan Kejuaraan Dunia Kelas Berat Chessboxing di Moskow, Rusia (28/11). Chessboxing bergantian pada putaran catur dan putaran tinju dalam tiga menit interval, dan menuntut lebih dari satu besar pesaingnya, baik secara mental dan fisik. REUTERS/Maxim Shemetov

Baca Juga: Olahraga Permainan Terbaru di Dunia ini Bernama Bossaball

Olahraga tinju catur membutuhkan otak dan otot. pemain mesti trampil dalam tinju dan catur untuk berkompetisi di level tertinggi. Ada banyak organisasi tinju catur di seluruh dunia, tiga di antaranya, yaitu:

1. Organisasi Tinju Catur Dunia (WCBO)

Berdiri terhadap 2003 di Berlin, Jerman. WCBO menyelenggarakan kejuaraan dunia tinju catur hingga 2013.

2. Asosiasi Tinju Catur Dunia (WCBA)

Organisasi internasional lain yang memiliki tujuan mengembangkan industri tinju catur. WCBA didirikan terhadap 2013 dan terhitung mengakui juara dunia yang dimahkotai oleh WCBO.

3. Pemasaran Global Tinju Catur,

Dikenal terhitung bersama Chess Boxing Global (CBG), ini adalah liga tinju catur profesional yang didirikan terhadap 2013. Sejak didirikan, CBG sudah menyelenggarakan kejuaraan tinju catur dunia yang dianggap secara resmi.