Australian Open 2024: Aldila Sutjiadi Berambisi Jadi Petenis Indonesia Pertama Menjuarai Grand Slam

Aldila Sutjiadi memulai perjuangannya untuk meraih gelar jawara Grand Slam pertama di Australian Open 2024 di Melbourne, Australia. Kejuaraan tenis ini akan berlangsung 14 hingga 28 Januari 2024.

Petenis putri pujian Indonesia akan memulai slot perjuangannya di Australian Open dari babak pertama. Atlet berusia 28 tahun itu merupakan satu-satunya wakil Indonesia di kancah Grand Slam kali ini.

Aldila akan tampil di nomor ganda putri bersama petenis Jepang Miyu Kato yang pada permulaan 2024 berada di peringkat ke-27 ganda putri WTA. Sementara di Australian Open 2024 dueti ini berada pada peringkat ke-12.

Aldila punya ambisi besar untuk menjadi orang Indonesia pertama yang meraih gelar jawara Grand Slam. “Saya sangat bermotivasi untuk meniru Australia Terbuka tahun ini,” tutur petenis peringkat ke-26 ganda putri WTA.

“Ini merupakan peluang besar bagi aku untuk meraih gelar Grand Slam pertama aku.”

Petenis yang hobi travelling ini mempunyai pengalaman cukup bagus di Australia Open dan popularitasnya saat ini yang meningkat. Ia mencapai babak 16 besar pada 2023.

Dikala itu, perjalanan Aldila/Kato dihentikan pasangan Coco Gauff / Jessica Pegula yang diunggulkan di posisi ke-2. Sebelumnya, pada 2022, Aldila terhenti pada babak pertama.

Lawan Petenis Top Dunia
Pada Australia Open 2024, Aldila Sutjiadi akan menghadapi tantangan berat untuk meraih gelar jawara. Karena, dia akan bersua dengan petenis-petenis top dunia di tiap babak.

“Saya akan berjuang sekuat kekuatan untuk meraih gelar jawara,” katanya. “Saya percaya bahwa aku dapat melakukannya.”

Pelatih Aldila, Martin Setiawan, optimistis dengan peluang anak asuhnya meraih grand slam pertama. “Aldila mempunyai potensi yang besar untuk meraih grand slam. Ia mempunyai teknik yang bagus, mental yang kuat, dan pengalaman cukup,” sebut Martin.

“Saya yakin Aldila dapat mencapai sasarannya sekiranya dia terus bekerja keras dan konsentrasi pada permainannya.”