Beragam Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Ada beraneka manfaat olahraga yang bisa Anda temukan, mulai dari memelihara fungsi organ sampai meningkatkan stamina dan kekuatan tahan tubuh. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga baik untuk kesehatan mental Anda.

Olahraga yaitu salah satu metode paling https://vlcdownloads.com/ praktis dan simpel untuk menjaga kesehatan tubuh, melainkan masih tak jarang kali terbengkalai. Sedangkan, dengan berolahraga dan aktif bergerak secara rutin, tubuh bisa lebih bugar dan kesehatan Anda bahkan akan tetap terjaga.

Berbagai Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Tubuh

Tidak ada kata telat untuk berolahraga. Berapa bahkan usia Anda, aktivitas fisik dan olahraga secara rutin baik dijalankan supaya tubuh lebih sehat dan kuat. Berikut ini yaitu beraneka manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda temukan:

Mencegah penyakit jantung dan stroke

Olahraga rutin tiap hari atau minimal 3 kali per minggu bisa memperkuat otot jantung, melancarkan aliran darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Hal ini mewujudkan olahraga sebagai salah satu langkah penting untuk mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

Mengendalikan kadar gula darah

Olahraga bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil, lebih-lebih pada penderita diabetes macam 2. Tidak hanya itu, ruitn berolahraga juga bisa mencegah terjadinya resistensi insulin yang bisa memicu diabetes.

Menjaga tekanan darah tetap stabil

Pada orang yang sehat, berolahraga secara rutin bisa mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sedangkan pada penderita hipertensi, olahraga bisa menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil.

Sebagian macam olahraga yang layak untuk menurunkan tekanan darah yaitu berenang, bersepeda, joging, yoga, dan jalan santai.

Mencegah dan meringankan nyeri punggung

Nyeri punggung yaitu salah satu keluhan yang cukup lazim dialami oleh orang dewasa dan lansia. Keluhan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari syaraf terjepit, cedera, posisi tidur yang salah, sampai adat istiadat jarang bergerak.

Olahraga yaitu salah satu langkah yang bisa dijalankan untuk mencegah dan meredakan nyeri punggung. Dengan rutin berolahraga, otot-otot tubuh seperti otot punggung, perut, dan kaki, akan menjadi lebih kuat dan kapabel menyangga sendi dan tulang belakang dengan lebih baik.

Berbagai macam olahraga yang baik untuk nyeri punggung yaitu yoga, berenang, bersepeda, jalan kaki, atau pilates. Tapi, bila nyeri punggung yang Anda rasakan tidak membaik atau semakin parah ketika berolahraga, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Menjaga berat badan tetap ideal

Melakukan aktivitas fisik secara teratur kapabel mengurangi jaringan lemak tubuh dan menurunkan berat badan serta menjaganya tetap stabil. Hal ini membuat olahraga penting dijalankan untuk mencegah atau mengatasi obesitas.

Tapi, supaya manfaat olahraga yang satu ini bisa dirasakan secara optimal, Anda juga perlu menjaga berat badan tetap ideal dengan mengonsumsi makanan bergizi setara layak keperluan tubuh.

Menjaga tubuh tetap bugar dan kuat ketika lanjut usia

Tidak hanya baik untuk orang yang berusia muda, olahraga juga benar-benar baik untuk kesehatan lansia.

Berbagai macam olahraga, seperti jalan santai, bersepeda, berenang, dan senam lansia, terbukti bisa membuat lansia lebih bugar. Kecuali itu, olahraga juga bisa memperkuat otot, tulang, dan sendi, serta mencegah demensia atau pikun.

Mengurangi risiko terjadinya osteoporosis

Berbagai macam olahraga, seperti jalan kaki, sepak bola, bola basket, atau aerobik, bisa memperkuat otot, tulang, dan sendi. Sebagian riset bahkan menampakkan bahwa olahraga secara rutin berperan dalam mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Tapi, untuk menjaga tulang dan sendi tetap kuat, Anda juga perlu mencukupi asupan nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, seperti vitamin D dan kalsium.