Bolehkah Tidur Setelah Olahraga? Ini Penjelasannya

Olahraga adalah aktivitas yang membakar energi. Wajar kecuali sehabis olahraga, Anda jadi kelelahan dan mengantuk. Namun, apakah aman segera tidur sehabis olahraga? Simak jawabannya pada ulasan berikut ini!

Bolehkah segera tidur sehabis olahraga?
Istirahat sehabis olahraga, terhitung tidur, bisa disesuaikan bersama dengan keadaan tubuh dan bergantung pada style latihan yang Anda lakukan.

Atlet ketahanan seperti pelari maraton perlu lebih banyak pas https://numerounosantaclarita.com/ tidur daripada kebanyakan orang karena pelepasan hormon sitokin selama aktivitas mereka.

Sitokin akan mengimbuhkan isyarat pada tubuh pas untuk beristirahat sehabis latihan kardio yang intens.

Jadi, dengarkan tubuh Anda baik-baik, ya, apakah perlu tidur atau tidak. Istirahat singkat sehabis olahraga tahu penting.

Belum ada penelitian ilmiah yang secara khusus membahas pengaruh segera tidur sehabis latihan fisik.

Namun, satu yang pasti istirahat dan relaksasi adalah suatu keharusan sehabis berolahraga. Makan untuk mengembalikan ulang energi terhitung wajib dilakukan.

Berapa jarak tidur sehabis olahraga yang paling baik?
Tidak ada petunjuk tentang kapan pas paling baik untuk tidur sehabis latihan. Jeda istirahat bergantung bersama dengan aktivitas lain sehabis olahraga yang Anda lakukan.

Setelah olahraga, tentu saja Anda akan mengistirahatkan diri. Jika di pas tersebut, Anda amat kelelahan, cobalah untuk minum air putih.

Kemudian, bersihkan tubuh dari keringat dan kotoran yang menempel, lalu beranjak tidur sehabis olahraga.

Tidak jarang beberapa dari Anda segera makan sehabis olahraga. Jika sebetulnya ini yang Anda lakukan, sebaiknya tunda untuk tidak mengkonsumsi apa pun sehabis latihan.

Anjurannya adalah 2 -3 jam Anda boleh tidur sehabis makan besar sehingga makanan bisa tercerna bersama dengan baik.

Ngantuk sehabis olahraga pertanda overtraining
Merasa penat dan mengantuk sehabis olahraga adalah hal lumrah terjadi.

Akan tetapi, rasa penat dan ngantuk yang ekstrem bisa pertanda Anda berolahraga terlalu berlebih dengan sebutan lain overtraining.

Overtraining terhitung bisa ditandai oleh rasa penat berkesinambungan dan susah fokus di hari berikutnya.

Tak jarang olahraga terlalu berlebih terhitung mengurangi mutu tidur. Alih-alih terasa segar dan bugar di pagi hari, Anda terasa energi tubuh begitu terkuras.

Anda sebaiknya meliburkan diri dulu untuk latihan, atau setidaknya mengurangi durasi dan intensitas latihan kala kerap terasa amat ngantuk sehabis olahraga.

Bagaimanapun olahraga terlalu berlebih bisa berdampak tidak baik bagi kebugaran jasmani.

Efek tidur sehabis olahraga

Bila Anda mengantuk sehabis olahraga, tidak ada salahnya untuk tidur siang. Terlebih lagi, tidur sehabis olahraga mengimbuhkan beragam pengaruh positif berikut ini.

Mengurangi kelelahan untuk sementara.
Meningkatkan energi ingat dan kewaspadaan.
Mendukung perbaikan jaringan otot, membentuk otot, dan bersiap untuk latihan berikutnya.
Tidur siang tepat sehabis berolahraga terhitung miliki risiko pada tubuh. Meski begitu, pengaruh ini tidak amat berbahaya.

Tidur siang bisa sebabkan seseorang terasa grogi dan bingung sehabis bangun. Fenomena ini dikenal bersama dengan sebutan inersia tidur.

Para ahli yakin bahwa inersia tidur bisa terjadi akibat terganggunya siklus tidur dan terbangun pas tidur nyenyak.

Tidur siang terhitung bisa mengurangi mutu tidur malam hari. Terlalu kerap tidur siang berkenaan bersama dengan mutu tidur yang tidak baik di malam hari.

Ini bisa saja terjadi kecuali Anda kebablasan tidur siang saking lelahnya berolahraga.