Hati-hati, Olahragawan Belum Tentu Miliki Jantung Sehat

Olahraga merupakan keliru satu langkah yang paling penting fungsi mencegah beragam macam penyakit. Khusus bagi para olahragawan, umumnya orang mungkin berpikir bahwa mereka jauh berasal dari beragam penyakit, karena kerap berolahraga termasuk keliru satunya adalah penyakit jantung.

Akan tetapi, Spesialis Penyakit Jantung, dr. Antono Surandar, Sp.Jp(K), FACC, FSCAI, FAMS, FIHA berasal dari RS Siloam Kebon Jeruk Jakarta mengungkap bahwa seorang olahragawan belum pasti miliki jantung yang sehat. Hal ini dikarenakan, disaat mereka berolahraga jantung mereka justru dipacu untuk bekerja lebih keras agar berisiko menyebabkan kerusakan kegunaan jantung.

“Olahraga sebabkan jantung bekerja lebih berat, pas darah perlu terus di suplai. Nah, olahragawan umumnya lakukan olahraga berat dsn jikalau terus memaksakan olahraga justru bakal sebabkan beragam kasus terhadap jantung,” katanya di dalam acara fasilitas talk di RS Siloam Kebon Jeruk Jakarta.

Ia termasuk mengungkapkan, umumnya olahragawan termasuk belum pasti sbobet miliki jantung yang sehat. Karena jantung dipaksa bekerja justru mereka rentan terkena serangan jantung.

Serangan jantung ini umumnya disebabkan oleh korsleting arus listrik terhadap jantung, terhadap pas memompa darah. Kelainan inilah yang bisa sebabkan mati mendadak terhadap para olahragawan maupun mereka yang aktif lakukan olahraga berat.

“30 % olahragawan lebih-lebih tidak mengetahui bahwa jantung mereka bermasalah. Sebab, penyakit jantung tidak miliki gejala. Hal ini sekaligus menyimpulkan bahwa jantung merupakan penyakit silent killer, tidak cuma bagi olahragawan tetapi bagi seluruh orang,” tambahnya.

Untuk itu, Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RS Siloam Kebon Jeruk, dr. Nathania Marliani Kristanti, Sp.JP mengimbau agar mereka yang kerap lakukan olahraga berat layaknya olahragawan, sebaiknya teratur memeriksakan kesehatannya termasuk kesehatan jantung. Ini berfungsi sebagai langkah pencegahan penyakit jantung dikemudian hari.

“Hal tersebut penting dilakukan agar kesehatan jantung selamanya terjaga, khususnya para olahragawan kerap lakukan olahraga berat yang mencegah kerja jantung di dalam kegunaan normal. Selain itu, jangan lupa untuk selamanya menerapkan pola hidup sehat dan teratur mengontrol kesehatannya secara keseluruhan,” tutup Nia.