Indonesia Sudah Kantongi 5 Tiket Olimpiade 2024 Paris, Ini Harapan Menpora Dito Ariotedjo

sdasdhg

Indonesia saat ini telah mengantongi lima Slot777 tiket ke Olimpiade 2024 Paris, Prancis, melalui cabang olahraga panahan, panjat tebing, dan senam. Menpora Dito Ariotedjo berharap lebih banyak atlet yang dapat menembus ke multievent yang akan bergulir pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024.

Lima atlet Indonesia yang memastikan akan tampil di Olimpiade Paris yaitu Arif Dwi Pangestu (panahan), Diananda Choirunisa (panahan), Rifda Irfanaluthfi (senam), Desak Made Rita (panjat tebing) dan Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing).

“Ya pastinya kita ingin lebih banyak lagi atlet yang tembus (ke Olimpiade Paris 2024). Masih banyak kualifikasi yang belum diikuti seperti atletik, renang, panahan, angkat besi, panjat tebing, menembak. (Penentuannya di) Kuartal awal 2024 baru terlihat berapa yang bisa lolos,” kata Menpora seusai konferensi pers Indonesia International Open 2024 di Jakarta, Selasa, 5 Desember 2023.

Arif Dwi Pangestu menjadi atlet Indonesia pertama yang memastikan lolos ke Olimpiade usai menjadi semifinalis ajang Kejuaraan Panahan Dunia 2023 pada Agustus lalu. Sementara, Diananda Choirunisa memperoleh tiket ke Olimpiade setelah meraih medali perunggu nomor ganda campuran recurve di Asian Games 2022 Hangzhou.

Diananda dipastikan tampil di Paris karena peraih emas Asian Games 2022, Lim Sihyeon sudah dulu memastikan tiket melalui kualifikasi Olimpiade dari nomor tunggal.

Rifda Irfanaluthfi yang tampil di ajang World Artistic Gymnastic 2023 di Antwerp, Belgia pada Oktober lalu memperoleh tiket menuju Olimpiade Paris usai tuan rumah Paris memberikan kuota realokasi ke Rifda. Dengan perolehan tersebut membuat Rifda menjadi pesenam Indonesia pertama yang menembus Olimpiade.

Desak Made Rita mengamankan tiket ke Olimpiade Paris setelah menjadi yang tercepat di nomor speed putri ajang Piala Dunia Panjat Tebing seri Bern yang berlangsung pada 11 Agustus lalu.

Lalu Rahmad Adi Mulyono menjadi atlet panjat tebing kedua yang akan tampil di Paris usai menjadi yang tercepat pada nomor speed putra babak Kualifikasi Zona Asia 2023 yang berlangsung di Jakarta pada November lalu.

Pada Olimpiade 2020 Tokyo yang penyelenggarannya ditunda Juli-Agustus 2021, Indonesia mengirimkan 28 atlet, sama dengan jumlah atlet yang tampil di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil. Dari jumlah tersebut, tim Merah Putih bisa membawa pulang satu medali emas, satu perak dan tiga perunggu. Lima medali itu disumbang dari cabang olahraga bulu tangkis dan angkat besi.

Dari bulu tangkis, ganda putri Greysia Polii / Apriyani Rahayu menyumbang medali emas dan tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting meraih medali perunggu. Sementara, dari angkat besi, lifter Eko Yuli Irawan menyabet perak di nomor 61 kilogram, kemudian Windy Cantika Aisah yang turun di nomor 49 kilogram dan Rahmat Erwin Abdulan di nomor 73 kilogram, sama-sama meraih medali perunggu.