Mengenal Olahraga Kardio, Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

kardio

kalian dan keluarga penyuka olahraga? Mungkin bisa mencoba beberapa olahraga kardio yang mudah untuk dilakukan di rumah.

Olahraga kardio memiliki manfaat yang lebih dari sekadar penurunan berat badan.

Jenis olahraga ini bisa membantu memompa slot jantung dan mengedarkan darah, sehingga organ vital lebih kuat serta meningkatkan kepadatan tulang.

Berdasarkan sebuah jurnal di Journal of Clinical Investigation Insight, menunjukkan bahwa orang-orang yang bersepeda mengalami peningkatan signifikan dalam produksi hormon FGF21.

Artinya, ini menawarkan banyak efek positif pada metabolisme seseorang, proses di mana tubuh kita mengubah makanan menjadi energi.

Melakukan olahraga kardio terbilang praktis dan mudah, serta menawarkan kenyamanan dan lebih menghemat uang dan waktu.

Bahkan dengan sedikit kreativitas, kita sudah bisa melakukan olahraga kardio yang efektif untuk mengencangkan otot dan membakar kalori.

Apa Itu Olahraga Kardio?

Latihan kardio adalah olahraga atau aktivitas berirama apa pun yang meningkatkan meningkatkan detak jantung dan melancarkan peredaran darah.

Olahraga jenis ini dianggap mampu membakar lemak dan kalori paling banyak.

Beberapa contoh kardio yang paling umum termasuk berjalan, bersepeda, dan berenang.

Namun, ternyata beberapa pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan debu dan mengepel dapat memenuhi syarat sebagai latihan kardio, lho Guys.

Salah satu hal yang membedakan olahraga kardio dan lainnya adalah bahwa latihan ini bergantung pada kemampuan tubuh untuk memanfaatkan oksigen selama sesi latihan.

Manfaat Olahraga Kardio

Banyak hal yang dilakukan orang untuk mencapai berat badan ideal.

Ini dengan tujuan agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari segala penyakit, serta tentunya menambah rasa percaya diri.

Kuncinya adalah konsistensi untuk menjalani gaya hidup sehat dan rutin berolahraga.

Hal yang perlu disepakati dan terpenting adalah intensitas. Saat intensitas meningkat, maka lebih banyak kalori yang terbakar.

“Latihan interval dengan intensitas tinggi adalah pilihan yang baik untuk membakar lemak dan mendapatkan massa otot yang lebih banyak,” ujar Chris Ryan, pelatih fisik dan pendiri Chris Ryan Fitness, serta penulis buku berjudul Chris Ryan’s SAS Fitness Book, New York, melansir dari Cleveland Clinic.