Selangkah Lagi Jadi WNI, Calon Pemain Timnas Indonesia Maarten Paes Sudah Pelajari Pancasila dan Indonesia Raya

Calon pemain naturalisasi timnas Indonesia Maarten starlight princess Paes mengaku telah mempelajari lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dasar negara Pancasila. Menurut dia, ini merupakan awal yang baik baginya sebelum saat resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

“Saya telah mempelajari (lagu) Indonesia Raya dan Pancasila. Itu adalah awal yang baik, tetap banyak hal yang akan singgah dan saya ingin bisa langsung bersua Anda seluruh secara langsung,” ujar dia secara virtual dalam rapat kerja Komisi X DPR RI bersama dengan PSSI dan Kemenpora, Kamis, 7 Maret 2024.

Maarten Paes bersama dengan Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye menghadiri rapat kerja Komisi X DPR RI bersama dengan PSSI dan Kemenpora di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Maret 2024 secara virtual. Proses naturalisasi ketiganya telah meraih persetujuan.

Penjaga gawang klub FC Dallas itu merasa tersanjung bersama dengan keramahan masyarakat Indonesia kala pertama kali singgah ke Tanah Air pada Januari lalu. Ia juga mengutarakan keinginannya untuk langsung mempelajari Bahasa Indonesia. Paes menilai sepak bola Indonesia miliki potensi besar dan berjanji akan ikut berkontribusi.

“Terima kasih kepada seluruh orang yang bekerja di balik layar. Saya amat terpesona bersama dengan keramahan orang Indonesia. Sejak hari pertama saya tiba di sana, rasanya seperti di rumah,” ucapnya. “Saya mendambakan mempelajari budaya Indonesia. Saya juga akan mengupayakan sebaik bisa saja untuk belajar Bahasa Indonesia secepat mungkin.”

Paes bersama dengan Oratmangoen dan Haye direncanakan singgah ke Indonesia pada Senin, 11 Maret, untuk pengambilan sumpah sebagai WNI pada Selasa, 12 Maret. Ketiganya diharapkan bisa tampil dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024.

Kiper berusia 25 tahun itu miliki darah Indonesia berasal dari sang nenek yang merupakan orang Maluku. Saat ini dia membela klub Major League Soccer (MLS) FC Dallas. Paes menjadi tembok pertahanan utama klub selanjutnya bersama dengan keseluruhan 17 clean sheet berasal dari 72 kali tampil di seluruh ajang.