Target Medali Indonesia Olimpiade Paris 2024 Tunggu Kualifikasi Semua Cabor

Target perolehan medali Indonesia di Olimpiade Paris 2024 baru akan ditetapkan setelah semua cabang olahraga selesai menjalani kualifikasi. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari. Raja menyampaikannya dalam acara Buka Bersama NOC Indonesia bertema “72 Tahun Menjaga Merah Putih bersama Komite Olimpiade Indonesia” pada Kamis (28/3/2024), di Jakarta.

“Target nanti dulu, setelah proses kualifikasi tuntas baru kita bisa menetapkan target, karena yang paling penting bisa lolos kualifikasi dulu,” ujar Raja, dikutip dari Antara. Tercatat sudah ada sembilan atlet yang sudah memastikan diri lolos ke Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Mereka adalah Lalu Muhammad Zohri dan Odekta Nabaho (lari), Arif Dwi Pangestu (panahan), Diananda Choirunisa (panahan), dan Rifda Irfanaluthfi (senam artistik). Fathur Gustafian (menembak), Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing), dan Desak Made Rita (panjat tebing) juga telah menyegel tiket ke Olimpiade 2024.

Atlet selancar, Rio Waida, mengamankan satu tempat di Paris melalui ajang Kualifikasi Isa World Surfing Games 2024 di Puerto Rico. Sementara itu, salah satu cabang olahraga yang menjadi favorit masyarakat Indonesia, yakni bulu tangkis masih dalam proses perhitungan poin hingga turnamen 24 April 2024. “Jadi teman-teman masih terus berjuang,” ujar Raja.

Perhitungan target jumlah medali akan slot gacor dilakukan setelah semua cabang olahraga selesai mengikuti kualifikasi dengan harapan semakin banyak atlet lolos dan bisa bertanding.

“Makanya cita-cita kita di Olimpiade Paris 2024 harus bisa lebih sering menyanyikan lagu Indonesia Raya,” tutur Raja Sapta Oktohari. Pada Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia mengirimkan 28 atlet dari 8 cabang olahraga. Indonesia menempati peringkat ke-55 pada Olimpiade Jepang 2020 dengan catatan 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Medali emas dipetik dari cabor bulu tangkis melalui nomor ganda putri Greysia Poli/Apriyani Rahayu. Eko Yuli Irawan berhasil menyumbangkan satu medali perak di cabor angkat besi. Angkat besi juga memberikan 2 medali perunggu melalui atlet Windy Cantika Aisah dan Rahmat Erwin Abdullah. Satu medali perunggu terakhir diperoleh dari tunggal putra bulutangkis, Anthony Sinisuka Ginting.