Tips Akurat Menuntaskan Tarif Kuliah yang Kian Mahal!

Menjalani pengajaran hingga perguruan tinggi atau kuliah adalah salah satu tangga menuju kesuksesan guna mencapai kemandirian finansial di masa yang akan datang. Dengan mengenyam kursi kuliah, seseorang dapat membuka kans kesuksesan dengan gelar yang dimilikinya.

 

Akan namun, dalam sebagian tahun terakhir, biaya kuliah di Indonesia terbilang mahal sehingga susah dijangkau sebagian orang. Tidak hanya Perguruan Tinggi Swasta (PTS), biaya kuliah yang tinggi itu juga sering kali dirasakan oleh mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

 

Salah satu elemen yang menyebabkan biaya kuliah mahal di sebagian PTN dikarenakan agenda alih status ke PTN berbadan tata tertib atau PTN BH.

 

Tarif kuliah yang mahal itu pun terlihat dari data Badan Pusat Statistika (BPS) pada tahun 2022 yang spaceman slot memperlihatkan bahwa Tempat Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah menjadi dua provinsi dengan biaya kuliah tertinggi di Tanah Air.

 

BPS menyebut, DIY menjadi provinsi dengan biaya pengajaran tertinggi di Indonesia, adalah sebesar Rp21,10 juta per tahun dan Jawa Tengah berada di peringkat 10 dengan biaya pengajaran tinggi sebesar Rp14,76 juta per tahun.

 

Tips Atasi Tarif Kuliah Mahal

 

Berikut ini tips ampuh atasi biaya pengajaran, terlebih perguruan tinggi yang makin mahal di Indonesia.

 

1. Mencari Beasiswa

 

Mencari beasiswa adalah salah satu solusi terbaik untuk menyelesaikan biaya pengajaran yang kian mahal. Beasiswa pun tersedia dalam berjenis-jenis wujud dan dapat didapatkan lewat berjenis-jenis sumber seperti lembaga pengajaran, perusahaan, organisasi nirlaba, dan pemerintah.

 

Dari banyaknya sumber beasiswa yang dapat didapatkan, Kemendikbud tengah membuka Beasiswa Indonesia Maju untuk siswa yang ingin melanjutkan pengajaran ke tahap D4 hingga S1. Selain itu, calon mahasiswa juga dapat memanfaatkan Kartu Indonesia Piawai yang adalah beasiswa pengganti Bidikmisi.

 

2. Masuk Perguruan Tinggi Via SNBP Atau SNBT

 

Untuk menyelesaikan biaya kuliah yang kian mahal, kamu dapat mencoba masuk Perguruan Tinggi (PT) dengan mencontoh SNBP (Seleksi Nasional Menurut Prestasi) atau SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes). Namun, calon mahasiswa wajib menjadi siswa berprestasi sejak SMA/SMK.

 

3. Cari Alternatif Tarif Pengajaran

 

Buat kamu yang ingin tetap kuliah namun mengalami keterbatasan dana, mencari opsi biaya pengajaran adalah langkah arif untuk dijadikan solusi. Kau dapat menggunakan pinjaman pengajaran. Student loans adalah bantuan dari lembaga atau lembaga tertentu bagi mahasiswa yang ingin membiayai kuliahnya beserta dengan biaya buku dan biaya hidup lainnya.

 

Nah, di Indonesia sendiri, pinjaman pengajaran dikerjakan oleh pihak swasta bagus perbankan ataupun perusahaan lain yang memberikan pinjaman pembiayaan pengajaran.

 

Selain pinjaman pengajaran, para ayah dan bunda dapat mendapatkan opsi biaya pengajaran dengan mengambil program pembiayaan dari Adira Finance yang dapat menjadi solusi sumber dana lewat program Teman Dana Tunai yang terpercaya sebab sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

 

Adira Finance dapat menjadi #SahabatDanaTunai sebab prasyarat pengajuan pinjaman yang mudah dan bunganya bersahabat. Di samping itu, Adira Finance juga menawarkan opsi perlindungan asuransi yang komprehensif dengan menjaminkan BPKB motor/mobil. Maka dari itu, biaya pengajaran untuk kuliah pun dapat terpenuhi dengan kencang, sat set gak ribet!