Tujuan dari Pengenalan Air dalam Olahraga Renang

Jakarta Tujuan dari pengenalan air dalam olahraga renang merupakan hal dasar yang perlu diketahui oleh perenang. Olahraga renang merupakan kesibukan menggerakan badan melintas (mengapung, menyelam) di air.

Sebelum mulai untuk menjalankan gerakan renang, ada hal yang perlu dilihat bagi perenang merupakan pengenalan air. Berdasarkan Dinas Pendidikan Bandung dalam keterangan tertulisnya menjelaskan pengenalan air bertujuan untuk slot depo 10k menyesuaikan situasi tubuh dengan air sebelum menjalankan aktifitas air.

Kesibukan pengenalan air ini lazimnya dikerjakan kepada setiap orang yang mau belajar renang. Kesibukan pengenalan air mempunyai tujuan tersendiri. Selain sebagai menyesuaikan situasi tubuh dengan air, tujuan dari pengenalan air dalam olahraga renang merupakan untuk mencegah fobia air atau kecemasan kepada air.

Tujuan dari Pengenalan Air dalam Olahraga Renang Yaitu

Berdasarkan Dinas Pendidikan Bandung dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, pengenalan air merupakan suatu bentuk latihan dasar sebelum menjalankan gaya renang. Aktifitas ini lazimnya dikerjakan kepada setiap orang yang mau belajar renang. Tujuan dari pengenalan air dalam olahraga renang yang utama merupakan untuk menyesuaikan situasi tubuh dengan air sebelum menjalankan aktifitas air. Selain itu, terdapat sebagian tujuan dari pengenalan air dalam olahraga renang merupakan sebagai berikut ini:

  • Untuk membiasakan bergerak dalam air.
  • Supaya perenang dapat menikmati akibat air terhadapan gerakan tubuh manusia.
  • Supaya perenang dapat menikmati akibat ketika bernafas di dalam air.
  • Supaya membiasakan diri mengontrol keseimbangan tubuh di dalam air.
  • Meningkatkan rasa keberanian ketika berada di dalam air.
  • Hal yang sama seputar tujuan dari pengenalan air dalam olahraga renang ditunjukkan dalam buku yang berjudul Pendidikan Lahiriah Olahraga & Kesehatan yang diterbitkan oleh Yudhistira Ghalia Indonesia.

Tujuan dari pengenalan air dalam olahraga renang merupakan untuk menghilangkan rasa takut kepada air atau fobia air atau Aquaphobia dan mengetahui air seperti dingin, basah, serta ketahanan tubuh dalam air. Hal ini yang lazimnya disebut dengan istilah penyesuaian. Pengenalan air dapat kita lakukan di kolam dangkal dengan bermain-main di sana.